Industry News

Industry News

China Kurangi Impor dan RI Tambah Ekspor, Harga Batu Bara Tertekan

08 October 2018

Harga Batubara Acuan (HBA) pada Oktober 2018 ditetapkan sebesar USD 100,89 per ton, turun dibanding bulan sebelumnya yang mencapai USD 104,81 per ton. Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) menerangkan, penurunan harga batu bara pada Oktober ini terutama karena kebijakan pemerintah China mengurangi impor batu bara. China merupakan konsumen batu bara terbesar dunia. "Sejak Juli 2018, tren harga batu bara menunjukkan penurunan khususnya harga jual batu bara Indonesia kalori 5.000 GAR ke bawah.

Read More

Papua Stop Izin Pertambangan & Perkebunan

08 October 2018

Bisnis.com, MANOKWARI – Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat menyatakan tak akan memberikan izin baru sektor pertambangan dan perkebunan di Tanah Papua sebagai komitmen daerah untuk melindungi hutan di Tanah Papua. Untuk diketahui, kedua provinsi di Tanah Papua ini berkomitmen untuk memiliki hutan konservasi di masing-masing provinsi ini sebesar 70%. Berdasarkan data Econusa Foundation, total luas hutan yang ada di Tanah Papua mencapai 33,71 juta hektare yang terdiri dari hutan di Provinsi Papua sekitar 25,03 juta hektare, sedangkan luas hutan di Provinsi Papua Barat mencapai 8,67 juta hektare.

Read More

APBI: Aturan Batu Bara Murah Timbulkan Banyak Masalah

26 September 2018

Kebijakan pemerintah untuk mengatur harga batu bara untuk pasar dalam negeri atau Domestic Market Obligation (aturan DMO) masih menimbulkan pro dan kontra. Asosiasi Pertambangan Batu bara Indonesia (APBI) bahkan menilai kebijakan ini menimbulkan masalah yang cukup kompleks. "Kendala-kendala dalam pelaksanaan di lapangan perlu dicarikan solusi sehingga pelaksanaan DMO bisa dilakukan secara tepat.

Read More

ESDM Setujui Tambahan Produksi Batu Bara 21,9 Juta Ton

26 September 2018

Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan penambahan volume produksi batu bara hingga akhir tahun sekitar 22 juta ton. Adapun kuota penambahan yang diberikan hingga 100 juta ton. Penambahan produksi ini bertujuan untuk meningkatkan devisa negara. Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan sebanyak 32 perusahaan pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu bara (PKP2B) dan Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi Penanaman Modal Asing.

Read More
Scroll
1 2 3 ...10