News

Industri Otomotif Indonesia Terus Menunjukkan Geliat Positif

08 October 2018

mobilinanews (Jakarta) - Industri otomotif di Indonesia sedang menunjukkan geliat positif dalam upaya meningkatkan kinerjanya di tengah tekanan dinamika perekonomian global.

Sektor strategis ini semakin memperdalam struktur manufakturnya sehingga diyakini akan punya daya saing global yang lebih maksimal serta mampu memenuhi kebutuhan di pasar domestik dan ekspor.

“Industri otomotif merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang tengah diprioritaskan pengembangannya,” ujar Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Republik Indonesia pada pertemuan dengan Osamu Masuko CEO Mitsubishi Motors Corporation (MMC) pada Rabu (3/10).

Industri otomotif juga disiapkan menjadi pionir dalam penerapan revolusi industri keempat, sesuai dengan inisiatif peta jalan Making Indonesia 4.0.

Untuk itu, Kementerian Perindustrian aktif mendorong terciptanya penambahan investasi baru maupun perluasan usaha, serta mengajak pelaku industri otomotif untuk mengadopsi teknologi terkini.

Upaya ini diharapkan dapat menciptakan iklim usaha yang kondusif untuk merealisasikan target produksi mobil sebanyak 1,5 juta unit pada tahun 2020.

Baca juga : ABM Drift Team Sapu Bersih Gelar di Subang, Paul : Kami Selalu All Out

Selanjutnya, pada triwulan I tahun 2018, industri alat angkutan tumbuh sebesar 6,33 persen, di atas pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,06 persen.

Industri kendaraan bermotor dan alat transportasi lain, juga masuk dalam lima besar investasi sektor manufaktur pada kuartal pertama tahun ini dengan nilai sebesar Rp 3,35 triliun.

“Industri otomotif merupakan sektor andalan yang berkontribusi cukup besar terhadap perekonomian nasional,” tegas Menperin.

Hal Ini tercermin dari sumbangsihnya kepada Pendapatan Domestik Bruto yang mencapai 10,16 persen pada tahun 2017.

Dampak positifnya mampu menyerap tenaga kerja langsung sekitar 350 ribu orang dan tenaga kerja tidak langsung sebanyak 1,2 juta orang.

Dengan pencapaian demikian, pastinya menumbuhkan optimisme positif industri otomotif Indonesia akan dapat berkembang pesat.

Sumber: http://www.mobilinanews.com/artikel/19189/Industri-Otomotif-Indonesia-Terus-Menunjukkan-Geliat-Positif/