News

Sektor Konstruksi Beri Andil Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II 2018

09 August 2018

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono menyatakan sektor industri kontruksi turut memberkan andil pada pertumbuhan ekonomi nasional triwulan II 2018, selain sektor konsumsi rumah tangga.

Seperti diketahui, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada triwulan II 2018, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,27 persen.

Sebagai salah satu Kementerian dengan anggaran terbesar, penyerapan anggaran Kementerian PUPR sebagai belanja pemerintah turut berperan.

"Oleh karenanya penyerapan diharapkan bisa dilakukan secara merata, tidak menumpuk di akhir tahun sehingga bisa tetap menjaga pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen,” kata Menteri Basuki dalam Rapat Kerja Terbatas (Rakertas) Kementerian PUPR tahun 2018, di Jakarta.

Menteri Basuki mengatakan pada tahun 2019, Kementerian PUPR mendapatkan tugas tambahan untuk membangun dan merehabilitasi infrastruktur berupa bangunan sekolah, pasar, perguruan tinggi dan pondok pesantren. Hal tersebut sejalan dengan fokus program pemerintah untuk membangun infrastruktur dan sumber daya manusia Indonesia.

“Dengan tanggung jawab yang semakin besar tersebut, kita harus mempertajam program agar kapasitas belanja kita meningkat, serta dapat menambah aset yang dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat,” kata Basuki.

Menteri Basuki mengatakan, untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut, Kementerian PUPR mendapatkan anggaran tambahan sebesar Rp 6,5 triliun yang akan masuk dalam DIPA TA 2019, sehingga pagu anggaran Kementerian PUPR tahun 2019 sebesar Rp 110,73 triliun.

Pada tahun 2019, kebijakan program infrastruktur PUPR juga diarahkan untuk pemerataan hasil pembangunan yang bertujuan mengurangi kesenjangan antar wilayah, salah satunya melalui peningkatan program padat karya tunai.


Sumber: http://www.tribunnews.com/bisnis/2018/08/09/sektor-konstruksi-beri-andil-pertumbuhan-ekonomi-triwulan-ii-2018