Berita

4 Hari Melemah, Harga CPO Mulai Naik Kembali

21 September 2018

CNBC Indonesia - Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) kontrak acuan di Bursa Derivatif Malaysia tercatat menguat 0,47% level MYR2.156/ton pada perdagangan hari ini Jumat (21/9/2018) hingga pukul 11.30 WIB.

Harga komoditas agrikultur unggulan Indonesia dan Malaysia ini berhasil memupus pelemahan sepanjang 4 hari berturut-turut sebelumnya. Hingga perdagangan kemarin, harga CPO bahkan sudah jatuh lebih dari 3% selama sepekan ini.
Sentimen yang mampu mengangkat harga CPO hari ini datang dari pengumuman pemerintah Malaysia yang memperpanjang kebijakan pajak ekspor 0% bagi komoditas CPO hingga Oktober 2018, serta naiknya harga minyak kedelai pada perdagangan kemarin.

Malaysia, sebagai eksportir minyak kelapa sawit terbesar kedua di dunia, memutuskan untuk mempertahankan pajak eskpor CPO sebesar 0% hingga bulan Oktober 2018. Bebas pajak untuk ekspor CPO sudah diterapkan sejak bulan ini, dari sebelumnya sebesar 4,5% di Agustus 2018.

Sebagai informasi, pajak ekspor yang lebih rendah sejak bulan ini, berkontribusi bagi kenaikan ekspor minyak kelapa sawit Negeri Jiran sebesar 70% secara bulanan (month-to-month/MtM) pada periode 1-20 September, berdasarkan surveyor kargo AmSpec Agri Malaysia.

Kencangnya ekspor tersebut akan membantu meredakan kekhawatiran investor terkait melimpahnya stok minyak kelapa sawit di Malaysia, sekaligus akan mendorong kuatnya permintaan impor dari pasar global. Akibatnya, harga CPO pun mendapat energi positif untuk bergerak menguat.

Tidak hanya itu, harga CPO mendapat angin segar dari harga minyak kedelai kontrak acuan di Chicago Board of Trade (CBoT) yang melaju kencang pada perdagangan overnight. Pada penutupan perdagangan kemarin, harga komoditas agrikultur unggulan Amerika Serikat (AS) ini menguat hingga 1,28%.

Seperti diketahui, harga CPO dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak nabati lainnya, seiring mereka bersaing memperebutkan pangsa pasar minyak nabati global. Ketika harga minyak kedelai naik, kecenderungannya adalah 
harga CPO akan ikut menguat.

Meski demikian, hingga pukul 12.00 WIB hari ini, harga minyak kedelai AS sudah melemah sebesar 0,69%. Hal ini bisa lumayan memberikan tekanan bagi pergerakan
harga CPO di sisa perdagangan hari ini.
sumber: https://www.cnbcindonesia.com/market/20180921133858-17-34192/4-hari-melemah-harga-cpo-mulai-naik-kembali