Berita

Produsen Federal Oil Mengincar Ekspor

19 April 2018

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Federal Karyatama (MPM Lubricants) tampaknya serius dengan rencana memperluas pasar hingga luar negeri. Produsen oli merek Federal Oil dan Federal Mobil itu sudah mengincar sejumlah negara tujuan ekspor yang potensial.

Alternatif ekspor MPM Lubricants adalah negara-negara di kawasan Asia Tenggara, Timur Tengah dan Afrika. "Kami sedang mempelajari untuk memasarkan di beberapa kawasan luar negeri," ujar Patrick Adhiatmadja, Presiden Direktur MPM Lubricants saat dihubungi KONTAN, Rabu (18/4).

Terkait kemampuan produksi, MPM Lubricants yakin pabrik di Cilegon, Banten mampu menangani kebutuhan tersebut. Lagipula, pabrik baru Cilegon memiliki kemampuan produksi hingga 100 juta liter oli per tahun. Kapasitasnya bahkan dua kali lipat lebih banyak ketimbang pabrik lawas.

Adapun ekspansi ke mancanegara adalah bagian dari strategi MPM Lubricants mengail potensi bisnis. Maklum, kompetisi pasar pelumas di dalam negeri juga cukup sengit. Strategi merambah pasar ekspor itu berjalan seiring dengan upaya MPM Lubricants memperkuat segmen penjualan business to business (B2B) dan fleet.

Biar penetrasi pasar berjalan mulus, MPM Lubricants juga mengadopsi inovasi digital guna lebih dekat menjangkau konsumen. Misalnya saja lewat pengembangan platform yang berfungsi sebagai big data. Selanjutnya, manajemen perusahaan akan menggunakan informasi di dalamnya untuk menetapkan keputusan bisnis.

MPM Lubricants tak menyebutkan target produksi maupun penjualan oli. Yang terang, perusahaan tersebut ingin pertumbuhan segmen oli mobil sejalan dengan oli sepeda motor. "Federal Mobil akan terus kami upayakan untuk merebut posisi terdepan dalam persaingan pelumas roda empat," tutur Patrick.

Sumber: http://industri.kontan.co.id/news/produsen-federal-oil-mengincar-ekspor