Berita

Sosialisasi Pusat Logistik Berikat (PLB) di Cilegon

11 March 2019

PLB merupakan salah satu program Kementerian Keuangan RI di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang pertama kali diresmikan pada 10 Maret 2016. Seiring berjalannya waktu, Pemerintah, dalam hal ini melalui Kementerian Perdagangan telah mengeluarkan peraturan baru mengenai ketentuan impor besi baja, baja paduan dan produk turunannya yang tertuang dalam Permendag 110 Tahun 2018 untuk memanfatkan fasilitas PLB. Sebagai salah satu operator PLB, CKB Logistics mendukung program pemerintah dengan menyelenggarakan edukasi dalam bentuk Sosialisasi Pusat Logistik Berikat (PLB) pada tanggal 6 Maret 2019 di Royale Krakatau Hotel, Cilegon – Banten dengan mengangkat tema “Optimalisasi Efisiensi Logistik dan Rantai Pasok Melalui Pusat Logistik Berikat (PLB)”.

Cilegon merupakan kota yang dipilih oleh CKB Logistics untuk membuka lokasi baru PLB. Hal tersebut didasarkan pada pertimbangan strategis ekspansi bisnis CKB Logistics jangka panjang, mengingat Cilegon dikenal sebagai Kota Baja karena merupakan kota penghasil baja terbesar di Asia Tenggara.

Acara sosialiasasi PLB CKB di Cilegon ini dikemas dalam bentuk talkshow yang dihadiri oleh Direktur Fasilitas Kepabeanan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Republik Indonesia Bapak Oentarto Wibobo, yang diwakilkan oleh Bapak Haykal, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Banten Bapak Mohammad Aflah Farobi, Business Director Logistics & Distribution CKB Logistics Ibu Ety Puspitasari, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) serta Pelaku Industri Besi dan Baja yang berada di wilayah Cilegon, Banten.

Acara sosialisasi ini berlangsung dengan sukses yang ditunjukkan dengan sangat antusiasnya para pelaku Industi Besi dan Baja untuk mengetahui lebih detil tentang PLB dan juga peraturan baru dari Kementerian Perdagangan terkait ketentuan impor besi baja, baja paduan dan produk turunannya.

Dengan berkumpulnya para pemangku kepentingan pada acara sosialisasi PLB ini diharapkan terjadi sinergi untuk mendukung industri besi dan baja nasional menjadi lebih baik lagi.